22 April 2009

Asibidibam : Apa itu disiplin ?

Apa sebenarnya pengertian atau definisi disiplin itu ??
Banyak definisi tentang disiplin. Pada hakekatnya disiplin adalah ketaatan dan kepatuhan terhadap hukum, undang-undang, peraturan,ketentuan dan norma-norma yang berlaku dengan disertai kesadaran dan keikhlasan hati bahwa memang demikianlah seharusnya. Disini kalimat kesadaran dan keikhlasan amat sangat ditekankan. Hal ini penting agar kepatuhan dan ketaatan itu dilakukan bukan karena keterpaksaan. Ketaatan dan kepatuhan karena terpaksa akan menjadikan manusia hanya taat dan patuh ketika ada pengawasan. Begitu tidak ada yang mengawasi maka disiplinnya luntur dan lama-lama hilang.

Namun demikian, pada kelompok masyarakat tertentu disiplin harus benar-benar dibina, diawasi dan ditegakkan secara ketat karena jenis dan sifat tugas yang dihadapinya. Tuntutan disiplin bagi karyawan swasta, pegawai negeri tentu berbeda dengan anggota TNI dan Polri karena anggota TNI dan Polri adalah manusia yang sudah dilatih dan dipersenjatai. Alangkah berbahayanya jika mereka tidak disiplin.
Demikian pula tuntutan disiplin bagi wirausaha yang bekerjanya tidak tergantung kepada kekuasaan orang lain juga akan berbeda.

Terlepas dari hal-hal yang sudah dikemukakan diatas disiplin tetap diperlukan dalam hidup dan kehidupan manusia. Oleh karena disiplin pribadi sangat diperlukan.

Dalam pengertian diatas juga dimasukkan kata norma. Disini termasuk norma agama dan norma adat serta norma-norma yang lain yang juga mengikat manusia sebagai pribadi maupun sebagai warga masyarakat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar