21 April 2009

Prakata

Seorang pendengar menyampaikan komentar tentang disiplin yang saat itu sedang menjadi topik pembahasan disebuah radio di Surabaya.
” Saya tidak setuju adanya displin karena disiplin hanya akan menjadikan manusia seperti robot ”.

Laki-laki itu tampaknya belum mengeri arti dan hakekat displin sehingga dia mengartikan disiplin secara sempit. Mungkin dia pernah menyaksikan sekelompok manusia yang serentak berteriak ” Siap ” begitu mendengar atasannya memerintahkan sesuatu.

Setiap gerak langkah kita didunia ini sesungguhnya memerlukan disiplin. Seseorang bisa mati jika dia tidak disiplin dijalan raya. Korban sudah berjatuhan karena kendaraannya tertabrak kereta api. Mengapa ?? Karena dia tidak disiplin terhadap rambu-rambu lalu lintas. Dia bersama beberapa orang yang tidak disiplin tetap nekat menerobos palang pintu kereta api yang sudah separuh ditutup. Akibat berebut menerobos palang pintu kereta api maka terjadi kemacetan diatas rel dan...kereta api yang tidak mungkin di rem secara mendadak langsung melibas siapa saja yang masih berada diatas rel. Kejadian seperti itu masih berulang-ulang terjadi.

Seseorang juga bisa mati karena tidak disiplin minum obat dalam arti kata malas minum obat atau minum obat berlebihan sehingga over dosis. Nasihat dokter dan ketentuan minum obat yang tertulis di resep tidak diindahkannya sehingga berakibat fatal.

Tentu masih banyak contoh apa akibat yang bisa timbul jika manusia tidak displin. Di blog ini akan dibahas secara singkat dalam kemasan bahasa sederhana.

Komentar anda tentu sangat saya harapkan untuk lebih memperkaya artikel dalam blog ini.

Terima kasih.

Abdul Cholik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar